Jumat, 28 April 2017

Pembuatan Animasi Dengan Power Point 2016 Berkelompok

DISUSUN OLEH :

Dimas Raka Setti (13114119)
Rizki Ramadhan Sultan (19114648)
Astrid Nabila (11114763)
Fathandwinanto (14114017)
Putri Dwi Handayani (18114592)
Mardya Nur Pramesti (16114367)
Afif Fadhil Susetyo (10114381)
Muhammad Delonix Satria (17114148)
Bimmas Afi Amirillah (12114180)
Fernando basadumanta (14114179)
Moch Abdul Goni Ramdani (1C114740)


Abstrak

     Begitu banyak cara dalam membuat animasi. dengan aplikasi yang memudahkan penggunanya untuk membuat animasi lebih menarik dan bagus. aplikasi sederhana yang dapat membuat animasi adalah Office Powerpoint, dengan aplikasi ini kita bisa dengan mudah membuat animasi yang bagus dan layak di simak.
Pendahuluan

      Dalam membuat animasi dulunya para Animator membuat gerakan animasi dengan lembaran-lembaran kertas yang di tumpuk dan diubah dengan cepat sehingga gambar seakan-akan bergerak. Ada dua proses pembuatan film animasi, di antaranya adalah secara konvensional dan digital. Proses secara konvensional sangat membutuhkan dana yang cukup mahal, sedangkan proses pembuatan digital cukup ringan. Sedangkan untuk hal perbaikan, proses digital lebih cepat dibandingkan dengan proses konvensional. Tom Cardon seorang animator yang pernah menangani animasi Hercules mengakui komputer cukup berperan.

    "Perbaikan secara konvensional untuk 1 kali revisi memakan waktu 2 hari sedangkan secara digital hanya memakan waktu berkisar antara 30-45 menit. Dalam pengisian suara sebuah film dapat dilakukan sebelum atau sesudah filmnya selesai. Kebanyakan dubbing dilakukan saat film masih dalam proses, tetapi kadang-kadang seperti dalam animasi Jepang, sulih suara justru dilakukan setelah filmnya selesai dibuat.

     Aplikasi yang mendukung animasi diantarnya adalah Office PowerPoint. Siapa yang mengira App Office  yang biasanya dijadikan sebagai pengeditan materi untuk presentasi dapat digunakan untuk membuat Animasi. disini saya akan memberikan pelajaran sederhana bagai mana membuat animasi pada Office PowerPoint.

Tutorial Membuat Animasi di Power Point 2016

A. Pembuatan Animasi Berlari
Dalam membuat Animasi bergerak banyak aplikasi yang dibuat untuk mempermudah pembuatan animasi tersebut, tetapi disini saya akan membahas tentang membuat animasi dengan Powerpoint secara mudah. oke langsung aja kita mulai tutorialnya :



Yang pertama kali harus kita lakukan adalah membuka Selecetion Panel fungsinya adalah untuk dapat melihat objek apa yang sedang kita pilih, ini memudahkan pekerjaan kita dalam membuat animasi di PowerPoint

Langkah ke-dua adalah membuka Animation Panel fungsinya adalah melihat waktu, batas animasi, animasi yang dipilih, dll. Jika kedua panel tersebut telah dibuka maka barulah kita memulai membuat animasi dari powerpoint.

Langkah berikutnya adalah meng-insert gambar yang akan digunakan sebagai animasi, disini saya menggunakan gambar berextensi .gif sebagai objek bergeraknya dan gambar galaxy dengan rumput-rumput dan pohon sebagai pemanis seakan-akan objek berlari.






Dibagian ini saya sengaja membesarkan gambar galaxynya sampai keluar panel powerpoint, gunanya untuk membuat seakan-akan nantinya galaxy tersebut bergerak menjauh.



Begitu banyak Animasi yang disajikan oleh powerpoint untuk mempercantikan bahan presentasi yang akan kita buat, tapi disini kita menggunakan salah satu dari Motion Paths kita akan memilih Left fungsinya untuk menggerakan objek dari kanan kekiri, yang saya pakai objek yang sedang berlari. Berarti seakan-akan objek ini sedang berlari kekiri.


Berikutnya adalah mengklik 2x pada animasi panel, disini saya menamakan objek lari diatas dengan nama “run”. Maka akan muncul seperti berikut :

Dibagian Timing, Startnya ubah dengan With Previous fungsinya adalah membuat objek bertindak sendiri tanpa mengklik mouse 1x. Smooth start dan end-nya buat menjadi 0 tujuannya untuk membuat objek lebih terlihat berlari.

Langkah berikutnya adalah mengatur animasi pada galaxy agar seakan-akan galaxynya menjauh saat objek berlari, masih dengan menggunakan Motion paths tapi kali ini kita pilih yang right, dengan demikian gambar galaxnya akan bergerak kekanan.



B. Pembuatan Transisi Gambar Pada Animasi




Cara pembuatan transisi gambar sebenarnya amatlah mudah, kita hanya menumpuk beberapa gambar menjadi satu kesatuan, bisa dilihat dari gambar diataas, gambar yang berada ditengah(.PNG) menunjukan bagian badan dari objek yang di kosongkan agar terlihat seperti timbul nantinya.

Dibagian animation pane ini kita atur jeda-jeda2 dari masing-masing gambar dan sesuaikan dengan keinginan kita. Warna hijau menunjukan efek yang dipakai adalah Entrance dan yang berwarna kuning merupakan efek Emphasis.

C. Penggunaan Motion Paths Pada Animasi PPT

 
          Dibagian ini kita akan memanfaatkan penggunaan fitur motion paths pada animasi ppt, di atas kita bisa lihat bahwa gambar yang di input terlalu panjang hingga keluar dari panel yang telah ditentukan. Tujuannya adalah untuk memberikan jarak agar gambar dapat bergeser.Dan berikut adalah animation pane-nya :

  
: Right : digunakan untuk membuat objek bergerak dari kiri ke kanan.
: Bounce left : digunakan untuk membuat objek seakan-akan memantul dari atas kanan ke bawah kiri


D. Menyisipkan Lagu/Suara Pada PPT

         Suara adalah salah satu faktor utama dalam membuat animasi yang bagus, karenanya faktor ini tidak boleh sampai terlewatkan. Cara menyisipkan suara atau pun lagu kedalam ppt adalah dengan cara masuk ke Menu Insert – Audio – Audio on my PC . Sebenarnya ada dua pilihan dalam memasukkan suara, record(rekam) dan mengambil audio dari PC kita.





Berikut ini adalah hasil screenshot-an untuk menambahkan suara


Jika berhasil maka akan tampil icon speaker seperti dibawah ini :



Catatan : Jika ingin suara otomatis menyala saat ppt di jalankan kita bisa mengaturnya dibagian Playback – Automaticlly.  Sebisa mungkin letakkan file audio  disatu folder dengan ppt yang terkait.


Kelompok kami telah membuat tutorial singkat tentang pembuatan animasi di dalam Power Point, dengan tujuan untuk memudahkan kalian memahami pembuatan animasi ini :




Narasi Cerita

http://img1.ak.crunchyroll.com/i/spire4/75d87960c388efc544be093603b8e9f01406669874_full.jpg

Anohana: The Flower We Saw That Day

Seorang lelaki remaja bernama Jintan merasa memiliki trauma dan stress akan masa lalu. Karena itu, ia lebih suka menyendiri dan sering bolos sekolah. Kini, di hidupnya muncul seorang gadis manis berbaju putih bernama Honma Meiko (Menma) yang menjadi alasan traumanya. Jintan menganggap sosok Menma hanyalah sosok halusinasinya saja karena pada kenyataanya, Menma sudah meninggal sejak lama.

Meski begitu, Menma seperti sosok yang nyata –halusinasi berwujud- bagi Jintan karena Menma bisa diajak bicara dan hanya Jintan yang bisa melihat dan berinteraksi dengan Menma, sementara orang lain tidak bisa melihatnya. Selain itu, Menma juga bisa berinteraksi dengan lingkungannya seperti memetik bunga, memasak, menyanyi bermain, membuka pintu, dan jika ia menyenggol gelas maka gelas tersebut juga bisa jatuh. 

Menma memakai pakaian berwarna putih dimana pakaian itu adalah pakaian yang sama yang dia pakai saat meninggal. Meskipun saat ini dia sudah remaja, namun sikapnya sangat periang seperti halnya anak-anak. Dan, itu terkadang membuat Jintan merasa sedikit kesal.
Jintan bertanya kepada Menma apa sebenarnya permohonan Menma di masa lalu, saat mereka masih kecil. Menma mengatakan kalau ia tidak ingat permohonannya tapi yang pasti permohonan itu bisa terwujud jika semua teman-temannya berkumpul. Jintan merasa itu adalah hal yang sulit dilakukan mengingat semua teman-temannya sudah banyak berubah, berpencar, dan menjalani kehidupannya masing-masing.

Flashback.

***Dulu, saat mereka masih anak-anak, ada 6 orang sahabat yaitu Menma, Jintan, Anaru, Yukiatsu, Tsuruko, dan Poppo. Saat bermain di hutan, Menma pernah mengatakan kalau ia memiliki sebuah permohonan, tapi Menma belum sempat mengatakan apa permohonannya. Suatu hari dimusim panas, dia dan sahabatnya berkumpul di sebuah tempat rahasia di dalam hutan dan membuat geng bernama Perdamaian Super Busters (Super Peace Busters).

Saat itu, Anaru bertanya apakah Jintan menyukai Menma. Yukiatsu menyambung dengan menyuruh Jintan untuk jujur. Karena, dalam geng Super Buster tidak boleh ada yang disembunyikan. Menma dan Jintan sama-sama kaget. Jintan merasa kikuk dan bingung harus menjawab apa. Lalu dia mengatakan bahwa dia tidak mungkin suka dengan seorang gadis yang buruk rupa. Jawaban Jintan membuat teman-temannya merasa kaget.

Jintan berpikir Menma akan menangis mendengar ucapannya, tetapi Menma justru tersenyum manis ke arahnya. Hal itu membuat Jintan merasa bersalah karena sudah menghina Menma dan ia langsung lari dari tempat itu. Di rumah, ia terus memikirkan Menma dan berjanji untuk meminta maaf kepadanya besok.***

Sayangnya, hari dimana dia meminta maaf kepada Menma itu tak pernah datang karena keesokan harinya Menma meninggal. Sejak saat itu dia terus dihantui rasa bersalah dan trauma berat. Sejak hari itu juga, dia kehilangan semua teman-temannya. Ia merasa semua temannya sudah berubah dan tidak ada lagi yang mempedulikannya.

Hingga dimasa kinipun, Jintan tidak pernah lagi bersahabat dengan teman-temannya itu seperti saat mereka masih kanak-kanak. Bahkan, orang-orang bilang kalau Jintan adalah sosok yang pendiam dan suka bersembunyi di rumahnya (tidak suka bersosialisasi).

Suatu senja, Jintan bertemu dengan Yukiatsu dan Tsuruko yang merupakan temannya waktu kecil dan anggota dari Super Peace Busters. Yukiatsu dan Tsuruko tampak memakai seragam SMA terpandang yang membuat Jintan sedikit rendah diri karena dia hanya sekolah di sekolah biasa. 
            
            Sementara Menma sendiri terlihat sangat senang karena bisa melihat lagi sahabat lamanya. Sayangnya, Yukiatsu justru bersikap seolah menyalahkan Jintan akan kejadian masa lalu- mengenai kematian Menma- sehingga Jintan merasa sakit hati kemudian lari dari hadapan mereka. Menma kemudian lari mengikuti Jintan.

Jintan mengatakan kepada Menma bahwa mereka bukan Yukiatsu dan Tsuruko yang dulu lagi. Mereka sudah berubah. Jintan juga meminta Menma untuk pergi karena melihat Menma membuat dia terus mengingat kenangan buruk. Kemudian Menma pergi ke rumahnya. Menma senang melihat adiknya yang sudah besar, ayahnya yang sudah beruban dan ibunya yang tampak memanjatkan doa untuknya.

Saat hendak masak telur, Jintan teringat kalau Menma ingin sup telur. Hatinya terasa sakit dan kemudian dia keluar dan berlari sekuat tenaga menuju suatu tempat. Ada suatu dorongan kuat yang membuat dia ingin merubah semua kondisi yang melelahkan ini.

Kesimpulan

Animasi di dalam sebuah aplikasi multimedia menjanjikan suatu tampilan visual yang lebih dinamis, dapat menampilkan sesuatu yang mustahil atau kompleks dalam kehidupan yang sebenarnya dan dapat direalisasikan di dalam aplikasi tersebut. Sebagai contoh apabila aplikasi multimedia tersebut ingin menjelaskan proses suatu peristiwa alam seperti hujan, mungkin sulit untuk dipragakan atau dibuktikan secara nyata, maka dengan adanya animasi multimedia maka hal itu bisa digambarkan, dipaparkan dalam bentuk gambar bergerak yang seolah-olah hidup.

Powerpoint bukan hanya digunakan untuk mempercantik bahan presentasi saja, melainkan powerpoint juga memberikan hasil lebih yaitu membuat animasi bergerak dengan opsi-opsi yang telah ada di dalamnya. Aplikasi sederhana dan kemudahan membuat animasi menjadi nilai lebih bagi powerpoint. 

Daftar Pustaka

gif                                 : http://bit.ly/2mtcZN7

background galaxy      : http://go.nasa.gov/2maPoy8

grass(rumput)              :
http://bit.ly/2mJ4AWx


Tidak ada komentar:

Posting Komentar